E-Ticketing

E-Ticketing  atau  electronic  ticketing  merupakan  suatu  cara  untuk  mendokumentasikan  proses penjualan  tiket dari aktifitas perjalanan pelanggan menggunakan moda transportasi angkutan umum. Semua informasi mengenai E-Ticketing disimpan secara digital dalam sistem komputer terpusat (server). Sebagai bukti pengeluaran  E-Ticketing,   pelanggan  akan  diberikan  tiket dengan sistem QR-code untuk dapat menggunakan sarana angkutan melalui  sistem komputer di loket (desktop) dan tiket tersebut akan di verifikasi dengan cara scanning via aplikasi mobile yang dilakukan oleh petugas scanner.

E-Ticketing   adalah solusi efektif dalam administrasi pengelolaan  tiket oleh Operator Angkutan Umum, efisiensi dalam meminimalkan   biaya   dan   mengoptimalkan kenyamanan penumpang. Dengan e-ticketing  mengurangi biaya proses cetak tiket, menghilangkan fomulir kertas, penyediaan informasi transaksi secara lebih akurat setiap saat (real time), transparansi data  dan  meningkatkan  fleksibilitas  penumpang  dan  agen  perjalanan  dalam  membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan dan memudahkan rekapitulasi manifest data penumpang.

E-Ticketing  dapat di develop secara online (selalu terkoneksi jaringan internet) ataupun semi online (terkoneksi apabila terdapat jaringan internet)  untuk menghubungkan server, aplikasi desktop dan aplikasi mobile.

Tujuan pembuatan aplikasi e-ticketing Operator Angkutan Umum ini adalah sebagai berikut :
1.   Improve  Service Quality  à meningkatkan mutu pelayanan Operator Angkutan Umum.
2.   Transparency à menciptakan  system  ticketing  yang  dapat  dipertanggungjawabkan  sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas.
3.   Less  Data   Manual   Operation   à  mengurangi  pekerjaan   manual   dan   kesalahan  dalam
perhitungan data khususnya data keuangan.
4.   Reporting Access à mempercepat proses pembuatan maupun konsolidasi laporan produksi, pendapatan dan data rekapitulasi manifest penumpang  secara real time.
5.   Corporate Database à memiliki data korporasi yang berfungsi untuk pengambilan keputusan pada level operasional sampai strategis.
6.   Integration  System à memiliki  sistem  yang  dapat terintegrasi  dengan aplikasi lainnya (ERP).
7.   Access à Sistem Penjualan Tiket ini dapat diakses kapan saja dan dimana saja karena dibangun
menggunakan teknologi Web.